Sunday, October 01, 2006

Wacana Kedua (Tentang Ngabuburit)

Kenapa saya berinisiatif mengambil wacana dengan judul tersebut? selain karena saya belum ngantuk(hehehehe) ada hal yang membuat saya berpikir, ya itung2 latihan buat otak untuk bekerja lah.. daripada ngganggur, okeh lgs sajah ke topik permasalahan, fenomena ini terjadi mungkin karena sudah tradisi, entah itu sebuah tradisi yang perlu atau tidak, we'll never know, tapi pastinya sudah hari ketujuh ini saya menjalankan ibadah puasa ini, dan setiap saya mencari hidangan untuk berbuka, jalanan mancet, orang-orang banyak keluar, entah itu yang hanya sekedar jalan, atau pun bergandengan dengan pacarnya, atau mungkin memang yang mencari hidangan untuk teman berbuka seperti saya (karena saya anak kos,[kaga ada yang tanya Bung...]), ya mungkin akan saya singgung sedikit, mengapa menurut saya orang Bandung pada khusus-nya dan orang di kota lain pada umumnya, banyak melaksanakan tradisi ini (baca : ngabuburit) arti kata ngabuburit sendiri menurut teman saya yang berasal dari Sunda adalah " mencari sore" (mohon dikoreksi kalo salah ya...) dan ini definisi yang membuat saya bingung, mencari sore? bukannya sore ngga usah dicari juga udah muncul sendiri, dikosan aja seharian ngubek2 entah itu ngubek majalah CH*P (maaf ngga mau nyebut merk :P) atau membaca berita2 seputar kita (baca : Indonesia) juga ujug-ujug (red : ini basa banyumas yang diartikan adalah tiba -tiba, atau bahasa kerennya suddenly) juga sang Matahari terbenam, alias sore, yahh itu mah hanya sekedar pemikiran saya saja, dan saya tidak akan mengomentarin ttg orang yang berpacaran (sedang mencoba untuk postive thinking) yang saya amati adalah banyaknya orang yang keluar menggunakan kendaraan, entah itu motor atau mobil.

Kenapa saya menganalisis hal tersebut, bahwasanya saya menjadi paham bahwa manusia itu pada umumnya punya ketakutan yang ada di alam bawah sadar mereka, tapi tanpa sadar terimplementasikan di dalam dunia sadar mereka, haduh Bungky.. tolong deh ngga usah sok mbuat teori kaya gitu, plizz deh.... ngga....ngga....gini, sebelumnya kita flash back dolo, kenapa saya terpikir hal "seperti itu" (ttg ketakutan bawah sadar manusia) soalnya pada saat itu saya pulang dari Jakarta, naik kereta, dan kebetulan sebelah saya duduklah seorang bapak kira-kira berumur 47 - 50 tahun-an dengan rambut yang sudah beruban, namun jarang-jarang, dan tiba-tiba beliau mengajak saya berdiskusi, oh ya hampir lupa, Pak Chirstian namanya, wah Pak semoga lain waktu kita bertemu kembali, siapa tau kita bisa bertemu di Kedai Kopi dan ngobrol dengan ditemani Kopi dan sebungkus rokok kayanya mantep tuh (hus.... Bungky... in lagi puasa, pamali, jgn ngomongin hal sensistif kaya gitu) oh ya maaf..maaf cuman saya kok rasanya begitu kehilangan orang yang mempunyai pikiran luar biasa tersebut. Kembali ke Diskusi saya dengan Pak Christian, beliau tiba-tiba mengatakan, "kamu tadi lihat ngga, orang2 yang pada mau naik kreta ini berebut untuk mencari kursi-nya? (pada saat itu kami naek Kereta Parahyangan jurusan Jakarta - Bandung kelas bisnis dari stasiun Gambir) padahal kita sudah punya nomor masing-masing yang tertera, dan hampir tidak mungkin kita ngga dapet kursi dan ketinggalan kereta, padahal kereta itu udah ada di depan batang hidung mereka, dan ngga mungkin bgt duong kereta tiba langsung jalan pada waktu kita akan masuk ke Kereta (kenapa saya katakan hampir, karena mungkin saja sistem Error dan salah cetak, itu khan hal yang komputersiawi, hehehehe basa baru, tapi ngawur) itu khan menandakan bahwa sebenarnya manusia itu punya ketakutan bawah sadar yang diimplementasikan secara sadar.", "heik...." terperanjat saya pertama-nya, soalnya saya pikir Pak Chirstian ini, uhmm.. maksud saya First Impression saya lho ya... orangnya ngga banyak omong, dan tipikal orang sibuk yang ngga mau urusannya dicampuri oleh mahasiswa dodol seperti saya, tapi emang bener paribahasa Don't Judge Book by It's Cover ternyata beliau mengajak saya berdiskusi sebagai sesama manusia, bukan sebagai orang tua dan anak muda, atau seorang dosen dengan mahasiswa, tapi sebagai manusia.

Okeh saya rasa cukup flash back saya jadi maksud saya kenapa saya mengomentarin orang yang keluar dengan mobil dan motor itu membuat suasana crowded a.k.a macet, okeh okeh... saya akuin saya juga salah satu pengguna motor dan salah satu biang macet... cukup jgn tuding saya........(halah... kenapa kamu ini Bung? dasar wong gemblung, hehehehe) kalo macet-nya masih wajar dan tidak amburadul sih mungkin wajar ya. maksud saya disini adalah sebab yang membuat macet itu, orang ngga mau ngalah, orang saling srobot, karena (mungkin) saya berteori kasar dan teori kacangan[baca Wacana Pertama (Sistem Pendidikan) "Dilarang berteori kecuali yang sudah berijazah" hehehehe] mungkin, orang itu takut tidak dapat buka puasa dirumahnya, dikosan-nya yang notabene pacarnya sudah menanti dengan was-was dan gelisah (cukup... nanti pastinya melebar-lebar ini topik) dan orang takut Es Shanghai-nya ntar mencair dan ngga enak dimakan, lah pokoknya seribu macam alasan ketakutan yang ngga bisa saya detail-kan satu persatu disini lah, nah rasa takut ini yang mendorong orang-orang yang berkendaraan saling Srobot, begitu juga dengan angkot yang mempunyai ketakutan khusus yaitu kejar setoran, ntar kalo ngga memenuhi target, dapur ngga ngebul neh.. nah kalo udah gitu yang jadi korban siapa coba? ya.....pengguna jalan yang lain. Yang seharusnya kalo kita mengalah dan toleransi saya pikir bisa lebih lancar, tapi karena ketakutan alam bawah sadar kita kondisi malah jadi macet, tapi saya tidak berpikir untuk semua orang itu saling perngertian yang tinggi, kalo semua orang saling pengertian yang tinggi, ntar kalo di perempatan jalan yang lampu bangjo (ini adalah bahasa Jawa atau tepatnya bahasa Banyumas yang artinya Traffic Light) mati, terus orang saling pengertian dan saling menyilahkan orang lain untuk duluan, dan begitu juga yang dipersilahkan juga menyilahkan orang yang pertama, maka tetep aja jadinya macet dan mubeng-mubeng kaya obat nyamuk (baca : Muter-Muter kaya obat nyamuk) ngga kelar-kelar saling menyilahkannya. jadi mungkin intinya adalah yang biasa-biasa aja lah, sesuatu yang berlebihan itu pasti ada side effect-nya(baca : efek samping, kenapa kok efek samping ya? ngga efek atas, atau efek bawah, oh.. atau bahkan efek kanan/kiri, heran saya?). Sesuai topik yang saya singgung diatas mungkin kenapa orang Bandung khusus-nya dan orang di lain kota pada umumnya kalo bulan puasa ini kok kalo sore jadi makin intensif kegiatan keluar rumah-nya, sedikit berteori kasar lagi ini yak, saya juga ngga tau sejarah ngabuburit itu gimana (belum nyoba googling lagi males, sapa tau kalo ada yang tau sejarahnya boleh saya dikasih) tapi yang pasti itu merupakan tradisi, dari semenjak saya ke Bdg tahun 2001 (tahun diamana awal kuliah saya, dan saya juga mengalami shock culture) itu juga udah ada kata ngabuburit, yang kata tersebut saya denger dari Tante saya, saya berpikir "aneh... dia khan orang Banyumas ya? tapi kok tau ngabuburit?" oh ya.. saya lupa dengan paribasa "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung" ya... ya... nah terus dengan blo'on nya saya bertanya, " mang ngabuburit sih apa?" karena saya pada saat itu ngga gaul, dan smp skrg pun saya masih belum tau apa arti kata gaul, apakah ngomong harus pake "secara" didepan-nya baru bisa dikatakan gaul? kalo gitu secara, secara, secara.... secara.... (berarti saya gaul banget duong orang ngomong secaranya banyak bgt) Dasar Guoblog... maskudnya bukan itu... tolong ya.. otak mu itu lhooo rada dipake.. mentang2 lagi puasa jangan dijadikan alasan otak ngga bisa berpikir duonggg.. ups.. maaf kembali ke topik, itu tadi sedikit OOT (baca : Out Of Topic)

BTT (baca : Back To Topic) : dan beliau (baca : Tante saya) menjawab "cari sore Bung.. nunggu buka puasa.. biar seru" (pada saat itu saya masih belum terlalu terganggu dengan kata2 cari sore, karena saya masih imut2 dan lugu (lucu tur Guoblog) hehehehehe....nah itu menandakan bahwa itu adalah sebuah tradisi yang dari dulu sudah ada, entah siapa yang menemukan, apakah orang iseng2 ngabur buat jalan2 cari sore (sekali lagi saya kurang sreg dengan kata ini) ciri khas bahasa Sunda yag modifikasi adalah hal yang diulang seperti Tararengkyu (ini dari kata Tengkyu), bararudak(dari asal kata barudak yang artinya teman), maka ngabur ini jadi ngabubur[ditambahin repetasi seperti contoh sebelumnya], tapi karena kurang enak didengar maka ditambahi kata -it dibelakangnya? Huahuahau.... ingat ini cuman teori kasar saya.. ini cuman keisengan saya mencari pola apa yang ada...

Kembali ke tradisi, brarti masyarakat kita emang masih sangat amat kuat dalam mempertahankan tradisi, ditengah gombalisasi eh salah.. globalisasi yang terjadi pada saat ini, ditengah arus modernisasi yang kencang ini, tapi ada perbedaan [sekali lagi mungkin] antara ngabuburit tahun pertama saya datang (2001) ama skrg (tahun 2006) tapi itulah ciri kota besar, kalo tidak ada perkembangan selama max 4 tahun pasti ada kejenuhan tersendiri, singkatnya ngabuburit jaman sekarang mungkin sudah ter-fusion dengan arus-arus globalisasi dan modernisasi, untuk buktinya saya belum bisa membuktikan, baru hanya sekedar merasakan bedanya sahaja.. tapi tetep... kaya Mba Nuri bilang (baca Mba Nuri adalah saudara sepupu (eh sepupu apa keponakan ya? ah.. the hell lah.. yang pasti kita saudara) pernah bilang ke saya, dia juga mengutip dari buku-nya Alm. Pramoedya Ananta Toer, kalo nda salah judulnya "Panggil aku Kartini" bahawasanya "bangsa kita itu bangsa bocah bung", maksdunya bangsa bocah disini adalah seperti ini, sebelumnya tau khan sifat bocah pada umumnya, yang kalo ada barang lucu dan baru berbondong-bondong lah mereka untuk pengen tau, ngubek-ngubek dsb, dsb-nya lah.. nah begitu lah yang terjadi ngabuburit ini, maksudnya gini, pan banyak nih pendatang yang bukan asli Bandung, dan tadinya mereka ngga tau apa itu ngabuburit (tapi tidak menutup kemungkinan ada pendatang yang sudah tau ngabuburit karena sering baca adn tidak lupa sering googling hehehehe) ingat saya pada tahun 2001? nah seperti itu.. orang lantas ingin tahu seperti apa sih ngabuburit itu? kalo diterjemahkan seperti apa sih cari Sore itu? eh tapi btw saya sudah nulis panjang2 gini tapi apakah bener arti kata ngabuburit itu cari sore / nunggu sore? yup ternyata benar saya sudah googling dan hasilnya adalah ini Sini ,tapi kemudian teori saya yang tentang asal usul kata ngabuburit gugur sudah hehehe....nda papa.. namanya juga mencoba untuk menggunakan otak (dan terbukti gagal) Yah.. gagal itu khan merupakan sukses ya tertunda (penulis sudah terlalu positive thinking) hehehe, setelah mereka merasakan, "oww... kaya gini ya.." ada yang merasakan biasa-biasa saja, ada yang merasakan "oww enak ya..." ada yang berpikir, "lah sore aja ditungguin.." udah ngga usah ditungguin juga dateng sendiri, hehehehe, jadi ada tiga tipikal oang yang berpikir seperti itu (saya pikir) jadilah sudah Ngabuburit adalah kegiatan wajib dibulan puasa ini, ya.. selama Ngabuburit bermanfaat sih gpp, asal jgn ngabuburit trus bis itu cari masalah and gelut. haukakakakakaka anarkis bgt pemikiran saya ini :P

Selamat ngabuburit, Selamat Berpuasa kepada yang menunaikan and keep Bandung beautiful [slogan salah satu radio di bandung]

wuah... ngantuk baru terasa merasuki saya... hoaemm... rasanya pas sekali menutup perjumpaan kita kali ini, tetep semangat dan jauhi narkoba [halah kaya penutup acara tipi yang isinya musik2 ajah]

sekali lagi terima kasih buat atensi rekan2 yang mau membaca omong kosong atau wacana atau entah apa lah.. dari saya ini...

Cheers

*yangsenengnyamuter2kayaobatnyamuk*

No comments: